Pengembangan Modul Pelatihan PPRG-BK

Pengembangan Modul Pelatihan PPRG-BK

Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Bidang Kesehatan (PPRG-BK) bagi SDM Kesehatan sejak tahun 2011 telah menjadi salah satu pelatihan unggulan di BBPK Jakarta selain Pelatihan Pengarusutamaan Gender Bidang Kesehatan (PUG-BK), hal ini tertera dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1021/ Menkes/SK/V/2011.

Pengembangan pelatihan PUG-BK dan PPRG-BK terus dilakukan salah satunya dengan merevisi kurikulum dan modul pelatihan PPRG-BK dengan menyesuaikan perkembangan kebijakan dan peraturan terbaru serta menyesuaikan kondisi saat ini.

Bulan Januari 2022 BBPK Jakarta telah menyelenggarakan Seminar Kurikulum PPRG-BK. Selanjutnya pada hari Senin, 30 Mei 2022 BBPK Jakarta menyelenggarakan Seminar Modul PPRG-BK.

Seminar modul dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan dibuka resmi oleh Ir. Doddy Izwardi, MA., Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, Ditjen Tenaga Kesehatan. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa penyusunan modul pelatihan memiliki peranan penting dalam pembelajaran dan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada peserta dalam menyelesaikan belajarnya.

Sebagai moderator pada seminar ini adalah Deviana, SKM, M.Kes., Widyaiswara BBPK Jakarta dengan penyaji terdiri dari 3 orang yaitu dr. Fathonah, MKM, drg. Maria Emma Lestari Lamanepa,M.Si,Med., keduanya merupakan widyaiswara BBPK Jakarta dan Khudori, SE, MKM., adalah Sub Koordinator Kelompok Sub Substansi Keuangan & BMN BBPK Jakarta.

Berbagai masukan positif diberikan oleh narasumber yang hadir sebagai pembahas yaitu R. Budiono Subambang, ST, MPM., Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Teresna Murti, Pusat Pembinaan, Pendidikan & Pelatihan Perencanaan PPN/BAPPENAS dan Ratih Rachmawati, S.Sos., Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak.

Seminar diakhiri dengan pembacaan rekomendasi yang disampaikan oleh Plt. Koordinator Pelatihan Manajemen dan Teknis Non Kesehatan dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh Kepala BBPK Jakarta, Laode Musafin, SKM,M.Kes. “PPRG ini merupakan manifestasi dari sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui modul ini kita ingin memastikan bahwa tidak ada lagi diskriminasi diantara sesama manusia”, ujarnya.

Seminar ini juga disiarkan langsung melalui kanal youtube BBPK Jakarta TV. Di akhir acara, peserta mendapatkan sertifikat  seminar. Acara seminar dimeriahkan dengan kuis berhadiah  untuk  3 orang pemenang yang dipandu oleh dr. Dwidea Yuliana, M,Kes.

 

    Etiam magna arcu, ullamcorper ut pulvinar et, ornare sit amet ligula. Aliquam vitae bibendum lorem. Cras id dui lectus. Pellentesque nec felis tristique urna lacinia sollicitudin ac ac ex. Maecenas mattis faucibus condimentum. Curabitur imperdiet felis at est posuere bibendum. Sed quis nulla tellus.

    ADDRESS

    63739 street lorem ipsum City, Country

    PHONE

    +12 (0) 345 678 9

    EMAIL

    info@company.com